You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Optimistis Cegah Kebocoran Pajak
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

Libatkan Masyarakat Dinilai Efektif Cegah Kebocoran Pajak

Langkah Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melibatkan peran serta masyarakat dalam mengawasi wajib pajak (WP) melalui aplikasi smart city dinilai akan berjalan efektif. Terlebih, masyarakat yang aktif melaporkan pengemplang pajak di Jakarta, akan diberikan hadiah (reward) sehingga dapat merangsang mereka untuk ikut serta mengontrol pajak masuk ke kas daerah.

Saya optimis cara ini efektif. Karena ada reward yang menjadi kunci untuk mendorong masyarakat ikut berperan aktif

"Saya optimis cara ini efektif. Karena ada reward yang menjadi kunci untuk mendorong masyarakat ikut berperan aktif," ujar Arief Susilo, Kepala UPT Pengurangan Keberatan dan Banding Pajak Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta, Sabtu (16/5).

Dikatakan Arief, dengan adanya sistem laporan seperti ini, masyarakat dapat mengontrol secara langsung apakah pajak yang mereka bayarkan ke wajib pajak seperti pengusaha restoran telah benar-benar masuk ke kas daerah atau tidak.

Perilaku Pegawai Pajak Akan Dibenahi

"Nomor bon pembayaran, nilai dan tanggal transaksi dari restoran yang difoto dan dikirim masyarakat melalui pesan singkat ke program aplikasi smart city, langsung masuk ke data base kami," tuturnya.

‎Ia melanjutkan, nomor bon pembayaran restoran yang dikirim masyarakat tersebut, akan divalidasi pihaknya dalam bentuk barcode. Ketika nomor bill transaksi restoran itu tidak ada di data base DPP DKI pada pembayaran pajak di bulan berikutnya, maka WP pengusaha restoran tersebut dianggap nakal atau tidak jujur membayarkan pajaknya.

Ditambahkan Arief, berdasarkan laporan masyarakat ini,  ‎para WP yang kedapatan curang akan dikenakan sanksi administratif mulai dari pengenaan bunga dua persen, teguran sampai dengan pencabutan izin.

"Kalau masih bandel, nanti kita cabut izinnya," tegasnya.

‎Mantan Kepala Bidang‎ Peraturan dan Penyuluhan Pajak, DPP DKI ini menerangkan, sementara untuk masyarakat yang aktif melaporkan perilaku para WP restoran dan jenis pajak lainnya akan mendapatkan reward dari pemerintah dengan sistem undian.

"‎Laporan dari masyarakat, akan diberikan barcode. Inilah yang kemudian kita undi dan berikan hadiah atau reward," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1266 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye802 personBudhi Firmansyah Surapati